frontroll Homepage

Pendidikan
Rencana Aksi Kemdikbud Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi

Ditulis oleh : Ichsan | Sabtu, 20 April 2013 - 09:32:02 | Dibaca: 473 kali


FOTO : ISTIMEWA [FRONTROLL.COM]

Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menyelenggarakan workshop dalam rangka penyusunan Rencana Aksi Kemdikbud Menuju Bebas dari Korupsi. Workshop ini digelar dengan tujuan untuk menyosialisasikan program-program pencegahan dalam upaya pencegahan pemberantasan korupsi pada unit utama dan unit-unit kerja di lingkungan Kemdikbud.

Workshop direncanakan dilaksanakan di dua tempat, yaitu di Solo pada tanggal 18-20 April 2013 dan di Manado tanggal 3-5 Juli 2013, dan melibatkan seluruh unsur unit utama dan unit kerja di lingkungan Kemdikbud, dengan jumlah peserta di Solo 168  orang sedangkan di Manado direncanakan jumlah peserta 175 orang. Narasumber yang menyampaikan materi dalam workshop adalah berasal dari Bappenas, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),  dan Pusat Informasi dan Humas Kemdikbud.

Inspektur Jenderal (Irjen) Kemdikbud, yang diwakili oleh Sesitjen Hindun Basri Purba dalam pembukaan workshop di Solo, menyempaikan beberapa hal penting, salah satunya mengenai gratifikasi.  Ia memberikan contoh penyediaan almari gratifikasi di Itjen yang telah dilakukan untuk menampung barang-barang gratifikasi yang dilaporkan oleh staf Itjen penerima gratifikasi.

Purba mengatakan, pihak yang menyatakan bahwa barang itu gratifikasi atau bukan, hanya KPK. Oleh karena itu setiap menerima barang dari mitra kerja harus dilaporkan ke KPK melalui Itjen Kemdikbud. Dikatakannya pula bahwa untuk melaporkan gratifikasi sangat mudah hanya dengan mengisi format laporan gratifikasi yang disediakan dan menyerahkan barangnya pada Itjen.

“Saat ini Kemdikbud masih menuju wilayah bebas dari korupsi yang harus kita implementasikan secara baik. Itjen bisa dijadikan contoh untuk tahun 2012 terkait dengan penanganan gratifikasi ini,” ujar Purba.

Mengakhiri sambutan pembukaan, ia juga menyampaikan harapan dari Itjen kepada semua unit kerja untuk segera mengimplementasikan peningkatan integritas dan penanganan gratifikasi untuk menuju Kemdikbud yang bebas dari korupsi. (isn)

KOMENTAR ANDA
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login ke Facebook

  

ADS INFO

In Association With

Untuk Pemasangan Iklan Koran Frontroll dan Frontroll.com hubungi redaksi@frontroll.com atau hub:021)319 24271, 319 2473