frontroll Homepage

Pendidikan
127 Perguruan Tinggi Bersaing di MTQ Mahasiswa Nasional XIII

Ditulis oleh : Ichsan | Selasa, 25 Juni 2013 - 09:28:10 | Dibaca: 364 kali


FOTO : ISTIMEWA [FRONTROLL.COM]

Sebanyak 1.416 mahasiswa berasal dari 127 perguruan tinggi negeri dan swasta seluruh Indonesia memulai perjuangannya menjadi yang terbaik dalam Musabaqah Tilawatil Al Quran (MTQ) Mahasiswa Nasional XIII, yang berlangsung di Padang, Sumatera Barat, pada 24-29 Juni 2013. Mereka akan bersaing di 12 cabang perlombaan, antara lain, hifzil Al Quran; debat ilmiah kandungan Al Quran dalam bahasa Arab dan Inggris; karya ilmiah kandungan Al Quran; tartil Al Quran; tilawatil Al Quran. Penyelenggaraan kegiatan ini dipusatkan di kampus Universitas Andalas (UNAND) Limau Manis dan Universitas Negeri Padang Air Tawar.

Kegiatan yang berlangsung dua tahunan sekali  ini, dibuka secara resmi oleh Mendikbud, Mohammad Nuh, di Gelanggang Olahraga (GOR), H. Agus Salim. Pembukaan yang diawali dengan defile peserta, berlangsung meriah dengan penampilan 1.500 penari yang membawakan tarian bertajuk Zikir MTQ, menggambarkan sejarah masuknya Islam di Ranah Minangkabau dan dilanjutkan dengan pesta kembang api.

Mendikbud, Mohammad Nuh dalam sambutannya mengatakan bahwa mahasiswa harus mempersiapkan diri menaikkan bendera rahmatan lil alamin. Diharapkan dari Indonesia inilah bendera itu akan tegak. Di Indonesia, katanya, semua agama dilindungi. Tidak bernama Indonesia apabila tidak ada Islam, Kristen, Hindu, Budha dan Konghucu. Begitu pula dengan Sabang hingga Merauke."Jika itu tidak ada, maka tidak akan bernama Indonesia", ujarnya.

Mendikbud berharap MTQ Mahasiswa mampu memperkuat kelembagaan mahasiswa dan perguruan tinggi di Indonesia. Dari kelembagaan yang kuat itu akan menumbuhkan kecintaan terhadap AlQuran, yang diikuti dengan pemahaman terhadap makna yang terkandung didalamnya. Selanjutnya dapat mengamalkan nilai-nilai AlQuran dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengharapkan melalui MTQ Mahasiswa dapat meningkatkan pemahaman  ukhwah di kalangan mahasiswa. Di samping itu dapat diaktualisasikan, sehingga menjadi tuntunan perilaku mahasiswa.

Pembukaan MTQ Mahasiswa Nasional XIII ditandai dengan pemukulan bedug oleh Mendikbud, didampingi Wakil Mendikbud Bidang Pendidikan Musliar Kasim, Gubernur Sumbar, Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim. (isn)

KOMENTAR ANDA
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login ke Facebook

  

ADS INFO

In Association With

Untuk Pemasangan Iklan Koran Frontroll dan Frontroll.com hubungi redaksi@frontroll.com atau hub:021)319 24271, 319 2473