-->

frontroll Homepage

Kamis, 04 Juli 2013 - 12:08:41 WIB

Bashar: Gejolak Mesir, Kejatuhan Politik Islam

Penulis : Ichsan
Kategori: INTERNATIONAL - Dibaca: 472 kali


FRONTROLL.com

Gejolak politik di Mesir yang ditandai dengan digulingkannya Muhammad Mursi dari kursi presiden, mengundang reaksi dari negara tetangga diantaranya Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Seperti diposting akun facebooknya, Bashar mengatakan protes besar-besaran oleh masyarakat Mesir yang didukung oleh oposisi, mampu menumbangkan politik Islam dan menjadi akhir perjalanan politik berbasis agama. Presiden Mursi didukung oleh Ikhawanul Muslimin yang memiliki kursi  mayoritas di parlemen.

“Apa yang terjadi di Mesir adalah jatuhnya apa yang dikenal sebagai  politik Islam, "kata Assad, dilansir Almanar News, Kamis (4/7/2013). Kemudian seperti dalam wawancara surat kabar pemerintah Suriah Ath-Thawra, mengingatkan bahwa siapapun yang mempergunakan agama untuk kepentingan politik maka akan cepat binasa.

"Di mana saja di dunia, siapa pun yang menggunakan agama untuk tujuan politik, atau untuk menguntungkan beberapa orang dan bukan orang lain maka akan jatuh," ujar  Assad.

Bahkan keberhasilan militer menggulingkan Mursi karena desakan masyarakat, membuktikan kinerja Ikhawanul Muslimin yang dianggap jeblok.

"Anda tidak bisa menipu semua orang sepanjang waktu apalagi orang-orang Mesir yang memiliki peradaban yang berusia ribuan tahun dan yang mendukung jelas  pemikiran nasionalis Arab," tambahnya.

Pasca digulingkan militer, Ketua Mahkamah Agung Mesir ditunjuk sebagai pemimpin sementara. Mursi sendiri tengah menjalani tahanan rumah.

 

 

 

 

Sumber: RRI 


BERITA TERKAIT :
  • Setelah Digulingkan Mursi Jadi Tahanan Rumah
  • Pesawat Kepresidenan Bolivia Mendarat Setelah Rumor Snowden Menumpang
  • Lagi Tentara Isreal Tembak Mati Warga Palestina
  • Partai Islam Mesir Tolak Campur Tangan Militer
  • Kesal Disadap, Jerman Ingin Beri Suaka Pembocor Intel AS