-->

frontroll Homepage

Senin, 26 Agustus 2013 - 09:48:12 WIB

Hartono Laras: Pencairan BLSM Tahap Pertama Lancar dan Transparan

Penulis : Ichsan
Kategori: NASIONAL - Dibaca: 318 kali


FRONTROLL.com

Pemerintah mengklaim pendistribusian dan pencairan program bantuan penerima Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) lebih baik ketimbang program serupa pada 2005 lalu.

Dirjen Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kementerian Sosial Hartono Laras mengatakan berdasarkan informasi dan evaluasi sementara, pihaknya mendapati pelaksanaan untuk BLSM berjalan dengan tertib, lancar dan transparan.

"Terhadap teknis penyaluran lebih transparan karena media, semua elemen masyarakat dapat mengawasi, mengikuti penyaluran yang dilakukan pemerintah. Penyaluran lebh baik dibandingkan 2005 karena pertama kali mengunakan kartu. Kita menerima banyak informasi, daerah yang tertib,  teratur dan lebih baik dibandingkan pembagian konpensasi sebelumnya. Ini evaluasi sementara," kata Hartono Laras.

Dari hasil evaluasi pula, didapati terdapat sekitar 268 ribu kartu yang tak tersebar kepada penerima (retur), dan yang belum mencairkan sebanyak 800 ribu kartu. Namun secara nasional, hingga hari ini, jumlah dana BLSM yang sudah terserap adalah 92, 80 persen atau 14.412.118 orang dari 15, 5 juta rumah tangga sasaran. Sementara yang belum terserap adalah 20 persen atau 1 juta orang.

Yang retur akan didata kembali oleh PT Pos Indonesia dan jika tetap tidak ditemukan pemiliknya maka akan dilakukan pergantian kartu. Dia juga mengimbau agar masyarakat yang belum mencairkan untuk segera mencairkan hingga Oktober.

Rencananya untuk pencairan dana BLSM tahap II dijadwalkan awal November 2013 mendatang. "Awalnya akan dicarikan 2 Desember  tetapi  kita siapkan 1 November untuk batas waktu pencairan sehingga punya banyak waktu 1 bulan," jelasnya.

Pemerintah terus melakukan evaluasi sekali dalam seminggu. Rapat evaluasi dipimpin oleh Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan sementara Menteri Sosial Salim Segaf Al-Jufri melakukan pengawasan. Kendati mulus, namun dia mengakui ada sejumlah kendala dalam pencairan BLSM tahap I.

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: RRI 


BERITA TERKAIT :
  • Dukungan Habib Rizieq Jadi Calon Presiden RI Mengalir
  • Hakim Yang Kridibel Tak Bisa Ditawar-tawar Lagi
  • Dari 40 Calon Hakim Tipikor, Beberapa Ada Yang Bermasalah
  • Wakil KPK Sebut Pemberantasan Korupsi Gagal
  • Menkoinfo Berjanji Akan Bantu KPK