Rute Pendakian Everest Diubah | FRONTROLL.COM
FRONTROLL.COM
Rabu | 18 Februari 2015 14:34:42 WIB

INTERNASIONAL

Rute Pendakian Everest Diubah

Redaksi - FRONTROLL.COM
Rute Pendakian Everest Diubah
FRONTROLL.COM,-
Pemerintah Nepal berencana mengubah rute pendakian gunung Everest tahun ini. Alasannya, rute yang telah digunakan sejak 1990 hingga saat ini, berpotensi rawan longsor. Pengubahan rute akan dimulai pada musim pendakian 2015.

Pengubahan rute juga dibuat lantaran pada 2014, setidaknya 16 orang tewas dalam pendakian. Angka itu merupakan catatan sejarah terburuk dalam pendakian Everest sejak pertama kali dibuka pada 1953.

Setelah melalui base camp, para pendaki akan mendaki melalu jalur tengah, menghindari titik rawan longsor di sisi kiri, Khumbu Icefall, lokasi terjadinya kecelakaan longsor terbesar terjadi tahun lalu.

Perubahan rute juga dari tuntutan pada Sherpa, pemandu pendakian yang menuntut rute yang aman, upah yang lebih tinggi, dan kondisi bentang alam yang lebih baik.

"Pendakian melalui jalur tengah di mana hampir tidak ada bahaya seperti di Khumbu Icefall," kata Ang Dorji, salah satu Sherpa, yang juga ketua Komite Pengendalian Pencemaran Sagarmatha, organisasi pengatur rute ekspedisi, dilansir BBC, Rabu (18/2).

Sekitar 250 orang telah tewas saat mencoba mendaki Gunung Everest sejak pertama kali dibuka pada 1953. (*)
 
 
BERITA LAINNYA
close