Find and Follow Us

| : WIB
    [Foto : Istimewa/Frontroll]

    FRONTROLL.COM, Istanbul - Banyak tempat di dunia untuk melihat langsung kejayaan Islam. Topkapi Museum di Istanbul, Turki, punya salah satu buktinya. Jubah dan pedang Nabi Muhammad SAW disimpan apik di dalam sini.

    Istana Topkapi berdiri megah di kawasan Kota Tua Istanbul, Turki. Berdiri di gerbangnya, tampak Selat Bosphorus dan Laut Marmara membentang luas. Benteng sepanjang 4 km mengelilingi istana, menambah kesan megah bahkan dari depannya.

    Topkapi, dibangun tahun 1470, adalah istana terbesar di Istanbul. Istana ini dibangun pada masa Sultan Mehmet, salah satu pemimpin Dinasti Usmaniyah, dengan luas 700.000 meter persegi. Pada 1924, istana ini diubah fungsi menjadi museum atas permintaan tokoh kenamaan Turki yakni Mustafa Kemal Ataturk.

    Ada beberapa gerbang masuk menuju Istana Topkapi. Imperial Gate misalnya, punya air mancur cantik lengkap dengan ornamen ala Turki. Gate of Salutation adalah gerbang utamanya.

    Seluruh bagian Istana Topkapi bisa dimasuki wisatawan, kecuali The Harem. Ini adalah tempat yang dulu jadi tempat tinggal keluarga kerajaan. Ada 400 kamar yang tersebar mengelilingi taman.

    Tapi selain itu, turis bebas masuk ke istana luas dan megah ini. Ada sebuah ruangan yang khusus menyimpan senjata, yang dulu pernah digunakan oleh para Sultan dan prajuritnya. Ada juga ribuan kostum Sultan buatan tangan peninggalan abad ke-15.

    Salah satu ruangan menyimpan harta karun berupa perhiasan. Beragam batu mulia, emas, dan perhiasan dari Timur Tengah, India, dan Eropa dipajang di ruangan ini. Namun harta karun tak ternilai yang sangat penting bagi umat Islam berada di ruangan lainnya.

    Di salah satu ruangan berkubah, terdapat pedang dan jubah Nabi Muhammad SAW. Jubah tersebut disimpan apik dalam kotak emas. Tak hanya itu, wisatawan juga bisa melihat potongan jenggot Nabi Muhammad SAW, jejak kakinya, dan sebuah surat kuno.

    Di ruangan yang sama, traveler juga bisa melihat salah satu manuskrip Al-Qur'an tertua di dunia. Semuanya tersimpan baik dan masih terjaga keutuhannya sampai sekarang.

    Tag :

    Berita Terkait

      0 Komentar