KAI Akan Kembangkan Stasiun Manggarai Jadi Kawasan Terpadu | FRONTROLL.COM
FRONTROLL.COM
Jumat | 02 Oktober 2015 10:20:08 WIB

MEGAPOLITAN

KAI Akan Kembangkan Stasiun Manggarai Jadi Kawasan Terpadu

Redaksi - FRONTROLL.COM
KAI Akan Kembangkan Stasiun Manggarai Jadi Kawasan Terpadu
FRONTROLL.COM,-
PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana akan mengembangkan kawasan di sekitar Stasiun Manggarai, Jakarta sebagai kawasan hunian dan komersial yang berbasis transit oriented development (TOD). Diharapkan, hal itu dapat meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan moda transportasi umum, khususnya kereta api (KA).

Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan studi secara internal perihal rencana pengembangan kawasan di sekitar Manggarai menjadi TOD. Menurutnya, setelah rampung, studi tersebut akan menghasilkan desain awal yang dijadikan patokan oleh KAI.

"Kami ingin Manggarai menjadi TOD, tapi tidak serta merta secepat itu, karena masih perlu komunikasi dengan Pemda (Pemerintah Daerah) DKI Jakarta," kata Edi di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Edi menekankan pentingnya komunikasi dengan Pemda setempat, guna mencari kesesuaian antara desain kawasan TOD Manggarai dengan rencana tata ruang dan wilayah (RT/RW) DKI Jakarta.

Hal tersebut pun sesuai dengan amanah Menteri Perhubungan (menhub), Ignasius Jonan, yang meminta KAI melakukan komunikasi dengan Pemda setempat bila berniat mengembangkan suatu wilayah menjadi kawasan TOD.

"Kalau kami dan Pemda sudah bicara dengan baik, maka master plan-nya pasti satu," ungkapnya.

Namun demikian, kata Edi, KAI belum bisa memasang target realisasi pengembangan wilayah Manggarai ini. Pasalnya, komunikasi secara intens dengan Pemda DKI belum terlaksana hingga sekarang. (brt1)
BERITA LAINNYA
close