FRONTROLL.COM
Jumat | 05 Februari 2016 13:19:43 WIB

Otomotif

Ini Alasan Kenapa Mabua Harley Davidson Tutup

Redaksi - frontroll.co.id
Ini Alasan Kenapa Mabua Harley Davidson Tutup
frontroll.co.id,- Hari ini (4/2) beredar selebaran yang menginformasikan keputusan PT Mabua Harley-Davidson (MHD) dan PT Mabua Motor Indonesia yang tidak memperpanjang keagenan Harley-Davidson di Indonesia. Pada surat yang tertera nama Djonnie Rahmat, Presiden Direktur PT MHD di bagian bawah, keputusan ini sudah berlaku sejak 31 Desember 2015.

Dalam surat pernyataan yang ikut diterima redaksi, disebutkan alasan yang mendasari adalah iklim usaha yang tidak lagi kondusif dalam beberapa tahun terakhir.

MHD juga menyantumkan empat kebijakan pemerintah RI yang dinilai menghambat bisnis penjualan sepeda motor besar, khususnya H-D. Salah satunya, yaitu tentang kenaikan bea tarif masuk motor besar dari yang semula 30% menjadi 40%.

“Total keseluruhan pajak untuk importasi motor besar mencapai hampir 300%, tidak termasuk bea balik nama, dll-nya,” sebut surat pernyataan. Kondisi tersebut dinilai MHD telah mengakibatkan kelesuan pasar serta penurunan niat beli. Selain itu, meroketnya nilai tukar dollar AS terhadap rupiah dalam beberapa waktu terakhir dianggap menjadi faktor lain.

Ketika dikonfirmasi, Djonnie mengatakan surat yang telah beredar itu merupakan dokumen internal perusahaan. Ia mengaku kaget dan menyayangkan mengapa surat itu bisa bocor dan beredar ke luar perusahaan.

"Sebenarnya itu dokumen internal. Saya ga mengerti kenapa bisa bocor. Itu dokumen internal yang seharusnya tidak tersebar keluar," ujar Djonnie saat dihubungi.

Dia menegaskan, PT Mabua Motor Indonesia akan segera melakukan klarifikasi terkait beredarnya surat tersebut.

"Tanggal 10 (Rabu pekan depan) nanti akan kita klarifikasi. Saya sudah kirim undangan ke media massa," tegas Djonnie
BERITA LAINNYA