Find and Follow Us

| : WIB
    WAWANCARA

    Nofel Saleh Hilabi, Pengusaha Muda Yang Aktif Berorganisasi

    Oleh : Rusdi Afrizal | Selasa, 10 Januari 2017 - 10:32:03 WIB | 1112 Views
    [Foto : Istimewa/Frontroll]

    FRONTROLL.COM, Nofel Saleh Hilabi merupakan seorang pengusaha muda yang ulet dalam berbisnis. Jiwa berbisnisnya memang sudah ada dari masih kecil dan tidak hanya sekedar bisnis, ia pun aktif dalam berbagai organisasi.

    Nofel Saleh Hilabi biasa disapa Nofel sudah mulai terjun di bisnis ketika ia berusia 15. Artinya, saat itu ia masih duduk di bangku SMA yang memulai usaha yang sekitar dunia otomotif. Mobil berbagai jenis, mulai dari Honda, Mercy, Toyota, dan Ferrari, dan sejumlah mobil mewah lainnya bahkan bertahan hingga sekarang. Meski kala itu masih tergolong belia, usahanya maju pesat.

    “Pada masih sekolah SMP, saya ingin pergi atau jalan2 kan harus punya uang, terus gimana supaya tidak minta jadi harus dagang untuk bisa jalan2. Pertama dagang itu dimulai dari hobi mobil, jadi jual beli mobil,” ujarnya saat ditemui wartawan FRStyle.

    Berbisnis pun pasti awalnya punya modal, namun Nofel mengaku dia tidak mengeluarkan modal untuk bisnis pertamanya. “Itu ga pake modal, jadi yang ingin jual mobil, kita tawarkan kepada yang ingin beli mobil, yah seperti makelar,” ucapnya.

    Karena keberhasilan usaha jual beli mobilnya itu, Nofel melakukan penambahan usahanya, yakni usaha Travel. Kemudian Keuntungan bisnisnya, ia investasi ke tanah dan membuka usaha property dan bangun bisnis kontraktor. “Saya kerja sama dengan bank untuk espansi, karena pengusaha itu tanpa bank itu sulit. lalu harus pintar mengelola uang pinjaman dari bank, karena bunga bank itu juga tinggi,” pungkasnya.

    Bisnis yang sudah dia dirikan dari 2005 itu dinamakan PT. Sabika Group. Kemudian ia mengaku berbisnis itu merupakan jiwanya yang dari lahir sebagai enterpreuner. “Dari TK saya sudah berdagang dengan menjual main-mainan pada waktu tk dan keuntungannya saya tabung. Kan teman saya dulu anak-anak orang kaya terus saya beli kartunya dan jual ke mereka, lalu saya mendapatkan keuntungan dari menjual mainan pada waktu TK,”lanjutnya.

    Nofel merupakan lulusan Sarjana Hukum ini  mengatakan bahwa paling penting dalam berbisnis itu adalah jujur, amanah dan sayang kepada orang tua. Orang yang jujur dan amanah, insya Allah rezeki dan usahanya lancar. lalu sadakoh juga jangan lupa, karena itu penting. jangan mencari uangnya saja tapi amalnya tidak jalan.

    “Jadi sukses itu bukan karena kita pinter berdagang atau mengerti enterpreuner tapi akhlak juga penting. seperti kita ingin menawarkan dagangan kita tapi akhlak kita tidak ada, pasti orang itutidak akan membeli dagangan kita. lalu darisitulah kita kan terus berkembang,” tegasnya.

    Tidak Hanya Bisnis Namun Aktif Dalam Organisasi

    Sebagai seorang pengusaha muda, Nofel Saleh Hilabi tidak hanya berbisnis namun ia mengikuti organisasi-organisasi, seperti HIPMI, KADIN dan organisasi lainnya.  “Saya dari umur 19 tahun sudah masuk HIPMI. jadi ketika kita mulai berbisnis, kita cari lingkungannya pengusaha agar belajar dari pengalaman-pengalaman mereka. kemudian masuk di organisasi itu saya mulai berkembang kenal yang namanya KADIN, parpol dan organisasi lainnya,” ujarnya.

    Nofel menjelaskan tugas Kadin yang menjabat sebagai deputi penempatan kerja luar negri bertugas untuk membantu tenaga kerja Indonesia yang ingin bekerja di luar negri dan di Kadin juga memberikan skill untk para pekerja Indonesia. “Kita juga akan meningkatkan skill nya dari pelatihan dengan kementrian tenaga kerja. jadi kadin itu adalah mitranya pemerintahan,” ucapnya.

    Nofel pun menjelaskan awal mula berorganisasi itu di HIPMI pada umur 19 tahun, kemudian seiring berjalannya waktu ia pun mengikuti organisasi kemasyarakatan, seperti SAPMA PP, PP, AMPI, SOKSI dan sekarang ia menjabat sebagai ketua umum Baladhika Karya.

    Sebagai ketua umum Baladhika Karya yang menjabat dari tahun 2015-2010, ia menjelaskan maksud dan tujuan Baladhika Karya bahwa “Baladhika Karya ini kan ormas yang levelnya menyentuh akar rumput dan Kadin ini elitis, jadi bagaimana informasi-informasi bisa sampai dari atas ke bawah,” pungkasnya.

    Nofel mengungkapkan ormas yang dibentuk pada 24 Oktober 1963 ini sudah membuat program bela Negara, dimana kader Baladhika Karya dilatih untuk berjiwa nasionalis. “sebagai jiwa yang baik, karakter yang disiplin dan peduli akan negaranya,” pungkasnya.

    Apa rahasia suksesnya sehingga ia tampil begitu enerjik dan mengemban begitu banyak jabatan? Pria berdarah Indo ini punya tips. Seorang pengusaha, katanya, generasi muda yang hebat itu generasi muda yang pantang menyerah. Artinya, jika kita sudah melangkahkan kaki dengan tagline maju terus, pantang mundur, begitu kita melangkah jangan pernah mundur ke belakang

    Pengusaha juga harus mempunyai karakter yang amanah, jujur dan akhlak yang santun, kemudian jangan pernah lupa kedua orang tua dan amal karena amal melambangkan orang yang sukses dan berani berbagi itu melambangkan orang sukses.

    “Jangan pernah menyerah apa yang kita yakinin dan jalan terus, buktinya orang yang dagang benang saja bisa sukses karena benang merupakan bahan dasar dari pakaian padahal dengan satu helai benang itu bermanfaat untuk orang banyak, begitu kita punya ide bagus dan positif untuk kita, ya harus jalankan sampai berhasil dan jangan pernah mundur,” tutup Nofel

    Berita Terkait

      0 Komentar