FRONTROLL.COM
Senin | 15 Mei 2017 13:49:57 WIB

PARIWISATA

Yuk Nikmati Wisata Kelas Dunia di Morotai

Rusdi Afrizal - frontroll.co.id
Yuk Nikmati Wisata Kelas Dunia di Morotai
frontroll.co.id,- Wisatawan mancanegara sejauh ini hanya mengetahui pulau bali, lombok, Raja ampat sebagai destinasi wisata yang ingin dikunjungi di Indonesia. Namun di Indonesia akan membuat destinasi kelas dunia yang akan sejajar dengan Dubai, Abu Dhabi, Hongkong, dan Singapura.

Terletak di sisi utara Provinsi Maluku, Morotai diapit di tengah-tengah Australia, New Zealand, Malaysia, Jepang, Singapura, Korea, Taiwan, Filipina, dan Tiongkok.

Sebagai titik awal menjadikan Morotai sebagai destinasi wisata kelas dunia, 1 Juni 2016 digelar peluncuran program Wonderful Morotai Island 2016.

Pulau Morotai yang mempunyai luas 1.800 km2 merupakan salah satu pulau paling utara di Indonesia. Pada Perang Dunia Kedua, pulau ini menjadi lapangan terbang bagi Jepang.

Kemudian, Morotai diambil alih oleh Amerika Serikat pada September 1944 dan digunakan sebagai landasan serangan tentara sekutu ke Filipina pada awal 1945 serta ke Borneo timur pada Mei dan Juni tahun itu. Lalu, Morotai kembali digunakan sebagai basis untuk serangan ke Jawa pada Oktober 1945 yang ditunda setelah penyerahan diri Jepang pada bulan Agustus.

Ibukota Kabupaten Pulau Morotai adalah Kota Daruba. Di perkampungan tua kota Daruba terdapat rumah-rumah penduduk yang menggunakan “Marston Matting” sebagai pagar. “Marston Matting” adalah lempengan logam berlubang-lubang yang digunakan oleh tentara Amerika Serikat untuk membangun landasan pesawat terbang ketika Perang Dunia Kedua.

Pulau Morotai

Di pulau ini terdapat 25 titik penyelaman yang menyuguhkan keindahan tiada tara, di antaranya adalah Tanjung Wayabula, Dodola Point, Batu Layar Point, Tanjung Sabatai Point, hingga Saminyamau.

Semua titik selam ini menghadirkan pemandangan yang luar biasa indah dengan air laut jernih berwarna biru tua, aneka hewan dan tumbuhan laut yang indah, serta terumbu karang dari bekas-bekas reruntuhan kapal perang yang terawat dengan baik.

Keindahan alam Pulau Morotai tak hanya tercermin lewat bawah lautnya saja, tapi juga di daratannya. Hamparan pasir putih yang luas siap memanjakan mata siapa pun yang menginjakkan kaki di atasnya. Panorama matahari terbit dan tenggelam menjadi salah satu momen paling dinanti oleh wisatawan.

Cara paling efisien untuk menuju ke Morotai adalah dengan penerbangan perintis dari Ternate ke Galela, lalu lanjut ke Morotai.

Pulau Dodola

Salah satu daya tarik utama Morotai adalah Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil di sebelah barat yang tersambung menjadi satu saat air laut surut. Pengunjung bisa menapaki jalan pasir yang unik di antara kedua pulau itu.

Keindahan kedua pulaunya tidak berbeda jauh. Pasir pantainya sangat putih dan sehalus bubuk sehingga wisatawan bisa betah berlama-lama berjemur di pinggir pantainya. Pemandangan lautnya yang hijau, jernih dan kebiru-biruan, akan menambah rasa kagum wisatawan.

Pulau Dodola juga menjadi tempat favorit snorkling dan menyelam. Keindahan bawah lautnya tidak kalah menawan, tercatat ada 13 titik penyelaman di tempat ini. Tidak hanya itu saja, terdapat beberapa bangkai kapal dan pesawat perang yang karam yang bisa dijadikan tempat petualangan menyelam.

Pulau Dodola memang layak disebut sebagai surga. Pulau yang tidak terjamah tangan usil manusia menjadikan tempat ini begitu cantik.
BERITA LAINNYA