Find and Follow Us

| : WIB
[Foto : Istimewa/Frontroll]

FRONTROLL.COM, Pengalaman yang tidak terlupakan memang harus diabadikan dalam bentuk foto ataupun video, hal terebut dapat diambil dengan mengunakan kamera profesional atau dari handphone dengan kualitas kamera yang mumpuni. Data video yang diambil dan disimpan tersebut dapat dibedakan berdasarkan kualitas rekaman video tersebut. berikut perbedaan kualitas-kualitas dari video:

1.  Standard Definition Video

Standard Definiton Video adalah urutan yang paling rendah dari deretan kualitas rekaman video.  Memiliki kualitas gambar 480p, video jenis ini dapat direkam oleh rata-rata kamera. Video jenis ini dapat diputar pada monitor dengan resolusi 720 x 480 x 30 fps (Frame per Second), resolusi yang sudah jarang ditemukan pada zaman ini. Monitor atau TV yang dapat menampilkan kualitas ini disebut SDTV.

2.  High Definition Video

High Definition Video atau HD Video adalah kualitas video yang lebih tinggi dibandingkan SD Video. Memiliki kualitas gambar diatas 480p atau 720p. Jenis video ini dapat diputar pada monitor dengan resolusi 1.280 x 720 pixels x 30 fps. Rata-rata monitor atau TV saat ini sudah menggunakan resolusi ini dan dapat menampilkan tampilan HD. Monitor atau TV yang dapat menampilkan HD Video disebut HDTV.

3.  Full HD Video

Full HD atau Full High Definition Video adalah kualitas video yang sudah lebih tinggi diatas rata-rata video yang menggunakan kualitas HD. Memiliki kualitas gambar yang sangat bagus, yaitu 1080p. Full HD Video dapat ditampilkan pada layar dengan resolusi 1.920 x 1.080 pixels x 30 fps. Monitor atau TV saat ini sudah mulai menggunakan kualitas ini, namun harganya masih terkesan tinggi.

4.  Ultra HD Video

Ultra High Definition atau UHD Video merupakan perkembangan teknologi masa kini yang sudah sangat canggih. Memiliki kualitas gambar yang lebih tajam dan warna yang ditampilkan pun lebih nyata. Gambar yang ditampilkan memiliki kualitas 2160p. Layar yang dapat menampilkan kualitas UHD haruslah memiliki resolusi 3.840 x 2.160 pixels dengan Frame Rate yang lebih tinggi. Ukuran resolusi yang sangat tinggi (sekitar 2 x Full HD TV) sehingga jenis video ini disebut Quad HD.

5.  4K Video

Merupakan perkembangan dari UHD Video. Memiliki kualitas gambar yang sama dengan UHD Video. Namun layar yang digunakan untuk menampilkan video jenis ini memiliki resolusi diatas 4.000 yaitu 4.096 x 2.160 pixels.

Monitor dengan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan jenis video yang lebih rendah tetap dapat memutar video tersebut. Namun tidak dapat ditampilkan dengan tayangan full screen. Jika ditampilkan dengan full screen maka gambar yang ada akan pecah atau menjadi kabur.

Tag :

0 Komentar