Ini Yang Pertama Dilakukan Jika Smartphone Terendam Banjir | FRONTROLL.COM
FRONTROLL.COM
Sabtu | 12 Agustus 2017 | 00:00 WIB

TEKNOLOGI

Ini Yang Pertama Dilakukan Jika Smartphone Terendam Banjir

Rusdi Afrizal - FRONTROLL.COM
Ini Yang Pertama Dilakukan Jika Smartphone Terendam Banjir
FRONTROLL.COM,- Bila smartphone anda terendam air, jangan langsung datang ke tukang servis ponsel atau beli yang baru. Anda harus bisa melakukan pertolongan pertama pada smartphone terendam.

Dikutip dari ZDNet beberapa waktu lalu, langkah pertama yang Anda lakukan pada smartphone tersebut yaitu matikan terlebih dulu ponsel pintar. Meski sudah kena air tapi smartphone masih menyala, jangan lantas Anda berpikir bahwa smartphone baik-baik saja tanpa masalah.

Langkah mematikan smartphone adalah untuk jaga-jaga dari kerusakan permanen, karena adanya hubungan pendek pada mesin ponsel. Dan lebih baik juga copot baterainya juga. Jadi setelah terendam air meski smartphone masih menyala atau sudah mati lebih baik langsung dimatikan.

Kemudian langkah kedua, keringkan di bagian luar ponsel pintar Anda. Untuk mengeringkan area luar atau bodi smartphone pakai handuk atau tisu kering. Sedangkan di bagian celah-celah bodi smartphone yaitu dengan cara digoyang-goyang atau dijemur di bawah terik matahari.

Dan langkah yang terakhir yaitu keringkan semua bagian dalam smartphone terutama di bagian sirkuit atau mesin. Jika Anda punyai mesin pengering rambut, gunakanlah untuk mengeringkan mesin smartphone.

Namun jika tidak punya, Anda juga bisa memakai beras. Meski bukan media terbaik untuk menyerap air, namun beras sangat mudah ditemukan. Rendam mesin smartphone di beras sampai 24 jam atau untuk hasil yang maksimal bisa 48 jam.

Nah, jika tiga langkah di atas sudah dilakukan namun smartphone masih tidak menyala, maka Anda bisa menghubungi dealer resmi atau tukang servis smartphone. Dan cara di atas tidak bisa dilakukan jika smartphone Anda terekena air soda atau laut. Alasannya, air laut dan soda bisa mempercepat karatan di mesin/sirkuit smartphone.
BERITA LAINNYA
  • Skytrain Solusi Macet Bandara Soetta

    MEGAPOLITAN | 26 September 2017 17:03 WIBKini para pelancong akan kian dimudahkan dengan keberadaan Skytrain yang menghubungkan ketiga terminal di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Layanan transportasi skytrain pertama di Indonesia
  • Lawan Dortmund, Toni Kroos Masuk Skuad Inti Real Madrid

    OLAHRAGA | 26 September 2017 16:54 WIBGelanda asal Jerman, Toni Kroos telah kembali masuk skuad inti Real Madrid setelah sembuh dari cedera rusuk. Kross mengalami cedera saat timnya menang melawan Alaves dengan skor 2-1 dan saat ini
  • Kisah Anak Tukang Las yang Sekolah di China

    SOSOK / TOKOH | 26 September 2017 16:10 WIBRama Aldi Sanjaya merupakan seorang mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya yang mengikuti program student mobility di Nantong Vocational University. Rama menceritakan seputar ayahnya