FRONTROLL.COM
Sabtu | 12 Agustus 2017 11:57:00 WIB

Teknologi

Ini Yang Pertama Dilakukan Jika Smartphone Terendam Banjir

Rusdi Afrizal - frontroll.co.id
Ini Yang Pertama Dilakukan Jika Smartphone Terendam Banjir
frontroll.co.id,- Bila smartphone anda terendam air, jangan langsung datang ke tukang servis ponsel atau beli yang baru. Anda harus bisa melakukan pertolongan pertama pada smartphone terendam.

Dikutip dari ZDNet beberapa waktu lalu, langkah pertama yang Anda lakukan pada smartphone tersebut yaitu matikan terlebih dulu ponsel pintar. Meski sudah kena air tapi smartphone masih menyala, jangan lantas Anda berpikir bahwa smartphone baik-baik saja tanpa masalah.

Langkah mematikan smartphone adalah untuk jaga-jaga dari kerusakan permanen, karena adanya hubungan pendek pada mesin ponsel. Dan lebih baik juga copot baterainya juga. Jadi setelah terendam air meski smartphone masih menyala atau sudah mati lebih baik langsung dimatikan.

Kemudian langkah kedua, keringkan di bagian luar ponsel pintar Anda. Untuk mengeringkan area luar atau bodi smartphone pakai handuk atau tisu kering. Sedangkan di bagian celah-celah bodi smartphone yaitu dengan cara digoyang-goyang atau dijemur di bawah terik matahari.

Dan langkah yang terakhir yaitu keringkan semua bagian dalam smartphone terutama di bagian sirkuit atau mesin. Jika Anda punyai mesin pengering rambut, gunakanlah untuk mengeringkan mesin smartphone.

Namun jika tidak punya, Anda juga bisa memakai beras. Meski bukan media terbaik untuk menyerap air, namun beras sangat mudah ditemukan. Rendam mesin smartphone di beras sampai 24 jam atau untuk hasil yang maksimal bisa 48 jam.

Nah, jika tiga langkah di atas sudah dilakukan namun smartphone masih tidak menyala, maka Anda bisa menghubungi dealer resmi atau tukang servis smartphone. Dan cara di atas tidak bisa dilakukan jika smartphone Anda terekena air soda atau laut. Alasannya, air laut dan soda bisa mempercepat karatan di mesin/sirkuit smartphone.
BERITA LAINNYA