Rekam E-KTP Beres Tahun Ini : Kemendagri | FRONTROLL.COM
FRONTROLL.COM
Sabtu | 12 Agustus 2017 | 00:00 WIB

NASIONAL

Rekam E-KTP Beres Tahun Ini : Kemendagri

Wenny KT - FRONTROLL.COM
Rekam E-KTP Beres Tahun Ini : Kemendagri
FRONTROLL.COM,- Kementerian Dalam Negeri menargetkan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik, atau e-KTP untuk seluruh Warga Negara Indonesia rampung dilaksanakan tahun ini. Hal ini, karena akan ada momentum Pilkada serentak pada 2018, Piplres dan Pileg 2019.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, perampungan KTP elektronik dilakukan untuk  merapikan seluruh data kependudukan. Selain itu, hal itu juga untuk mencegah terjadinya pemilih ganda saat Pilkada serentak pada 2018 dan Pilpres dan Pileg 2019.

Pada Pilkada serentak 2018 yang akan dilaksanakan di 171 daerah itu akan dikuti oleh sekitar 33 persen pemilih dari total jumlah pemilih secara nasional.

"Jadi, target kami tahun ini sudah selesai, karena tahun depan Pilkada serentak berbau Pilpres," kata Tjahjo, saat diskusi Galang Kemajuan dengan tema 'Dinamika Politik dan Undang-undang Pemilu' di Ruang Ksatria Aria Wira, Hotel Century, Senayan, Jakarta, Sabtu 12 Agustus 2017.

Politisi PDI Perjuangan ini menjelaskan, hingga minggu ini sudah ada 94,31 persen yang sudah melakukan perekaman e-KTP. Sehingga, masih ada sekitar 5,69 persen yang belum melakukan perekaman KTP elektronik.

Tetapi, dari jumlah itu masih terdapat sekitar satu juta KTP elektronik ganda. Tjahjo meminta, bagi mereka yang  memiliki KTP ganda, agar memilih salah satunya.

"Target tahun ini selesai. Total yang sudah memiliki e-KTP ini hampir 184 juta," ujarnya.

Tjahjo mengatakan, Kementerian Dalam Negeri sudah mencetak sekitar tujuh juta blanko KTP elektronik. Jumlah itu sudah disebar ke seluruh daerah. Dengan demikian, warga yang belum memiliki KTP elektronik sudah bisa membuatnya ke Dinas Dukcapil dan jajarannya.

Sumber : viva.co.id
BERITA LAINNYA
  • Skytrain Solusi Macet Bandara Soetta

    MEGAPOLITAN | 26 September 2017 17:03 WIBKini para pelancong akan kian dimudahkan dengan keberadaan Skytrain yang menghubungkan ketiga terminal di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Layanan transportasi skytrain pertama di Indonesia
  • Lawan Dortmund, Toni Kroos Masuk Skuad Inti Real Madrid

    OLAHRAGA | 26 September 2017 16:54 WIBGelanda asal Jerman, Toni Kroos telah kembali masuk skuad inti Real Madrid setelah sembuh dari cedera rusuk. Kross mengalami cedera saat timnya menang melawan Alaves dengan skor 2-1 dan saat ini
  • Kisah Anak Tukang Las yang Sekolah di China

    SOSOK / TOKOH | 26 September 2017 16:10 WIBRama Aldi Sanjaya merupakan seorang mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya yang mengikuti program student mobility di Nantong Vocational University. Rama menceritakan seputar ayahnya