Inilah 5 Film Tentang Nasionalisme Indonesia | FRONTROLL.COM
FRONTROLL.COM
Minggu | 13 Agustus 2017 | 00:00 WIB

NASIONAL

Inilah 5 Film Tentang Nasionalisme Indonesia

Wenny KT - FRONTROLL.COM
Inilah 5 Film Tentang Nasionalisme Indonesia
FRONTROLL.COM,- 1. Sang Kiai (2013)

Film tentang Nasionalisme perjuangan Indonesia yang dibalut dengan unsur Islami yaitu Sang Kiai. Film yang rilis pada tahun 2013 ini disutradarai oleh Rako Prijanto, dan dibintangi oleh Adipati Dolken.

Film ini menceritakan tentang perjuangan pendiri Nahdatul Ulama yaitu Kiai Haji Hasyim Asy’ari pada masa penjajahan Jepang yang dianggapnya sudah menodai aqidah ajaran agama Islam saat itu.

Dimana, pada masa penjajahan Jepang, warga pribumi diharuskan melakukan seikerei yaitu harus menghormati matahari. Nah, dari sinilah perjuangan Sang Kiai dimulai dalam upayanya mencegah paham dan ajaran Jepang tersebut.

Nonton youtube : Sang Kiai (2013)

2. Soekarno (2013)

Dari judulnya, film ini mengisahkan perjalanan sang tokoh proklamator Republik Indonesia yaitu Soekarno. Film yang rilis pada tahun 2013 ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo, dan dibintangi oleh Ario Bayu.

Film ini berlatarbelakang tahun 1920-an hingga Indonesia merdeka. Selain itu, cerita romantis antara Soekarno dengan kedua istrinya saat itu yaitu Inggit dan Fatmawati juga mewarnai film yang pernah memenangi ajang ASEAN Intertanional Film Festival and Awards pada tahun 2015 ini.

Nonton youtube : Soekarno (2013)

3. Jenderal Soedirman (2015)

Film tentang Jenderal Soedirman dalam perjuangan Indonesia dalam meraih kemerdekaannya selanjutnya yaitu film berjudul Jenderal Soedirman. Film yang rilis pada tahun 2015 ini disutradarai oleh Viva Westi, dan dibintangi oleh Adipati Dolken.

Seperti judulnya, film ini mengisahkan tentang salah satu sosok tokoh bangsa Indonesia yaitu Jenderal Soedirman, dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia dari penjajahan negara Belanda.

Film ini bersetting saat negara Belanda secara sepihak menyatakan sudah tidak terikat lagi dengan perjanjian Renville dan menghentikan genjatan senjata dengan negara Indonesia yang baru tiga tahun berdiri.

Nonton youtube : Jenderal Soedirman (2015)

4. Soegija (2012)

Sebagian dari kita mungkin tidak banyak yang tahu tentang salah satu pahlawan nasional bernama Albertus Soegijapranata, tapi sutradara Garin Nugroho berhasil mengemasnya menjadi sebuah salah satu film tentang perjuangan Indonesia yang cukup menginspirasi.

Film ini dibintang oleh Nirwan Dewanto yang berperan sebagai Albertus Soegijapranata. Latarbelakang film ini yaitu saat perang kemerdekaan Indonesia dan pendirian Republik Indonesia Serikat pada tahun 1940 hingga tahun 1949.

Nonton youtube : Soegija (2012)

5. Sang Pencerah (2010)

Film tentang Nasionalisme perjuangan Indonesia selanjutnya yaitu Sang Pencerah. Film yang rilis pada tahun 2010 ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo, dan dibintangi oleh Lukman Sardi, Muhammad Ihsan Tarore, dan Zaskia Adya Mecca.

Film ini bercerita tentang pendiri Muhammadiyah yaitu Ahmad Dahlan, dalam upayanya meluruskan ajaran agama islam yang banyak melengceng (sesat) di Indonesia pada tahun 1800-an. Bersama 5 murid setianya, Ahmad Dahlan berhasil mendirikan Organisasi Islam bernama Muhammadiyah.

Film ini banyak menunjukan sisi lain dari Ahmad Dahlan yang tidak banyak diketahui oleh publik. Dimana lewat film ini, Ahmad Dahlan mengajarkan nilai-nilai toleransi yang tinggi. Selain itu, film Sang Pencerah juga termasuk salah satu film religi Indonesia terbaik saat ini.

Nonton youtube : Sang Pencerah (2010)
BERITA LAINNYA
  • Skytrain Solusi Macet Bandara Soetta

    MEGAPOLITAN | 26 September 2017 17:03 WIBKini para pelancong akan kian dimudahkan dengan keberadaan Skytrain yang menghubungkan ketiga terminal di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Layanan transportasi skytrain pertama di Indonesia
  • Lawan Dortmund, Toni Kroos Masuk Skuad Inti Real Madrid

    OLAHRAGA | 26 September 2017 16:54 WIBGelanda asal Jerman, Toni Kroos telah kembali masuk skuad inti Real Madrid setelah sembuh dari cedera rusuk. Kross mengalami cedera saat timnya menang melawan Alaves dengan skor 2-1 dan saat ini
  • Kisah Anak Tukang Las yang Sekolah di China

    SOSOK / TOKOH | 26 September 2017 16:10 WIBRama Aldi Sanjaya merupakan seorang mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya yang mengikuti program student mobility di Nantong Vocational University. Rama menceritakan seputar ayahnya