Kemacetan Penjualan pada Pasar Otomotif, Nissan Motor Indonesia Bikin Strategi Baru | FRONTROLL.COM
FRONTROLL.COM
Senin | 28 Agustus 2017 | 00:00 WIB

OTOMOTIF

Kemacetan Penjualan pada Pasar Otomotif, Nissan Motor Indonesia Bikin Strategi Baru

Rusdi Afrizal - FRONTROLL.COM
Kemacetan Penjualan pada Pasar Otomotif, Nissan Motor Indonesia Bikin Strategi Baru
FRONTROLL.COM,- Pasar otomotif saat ini mengalami stagnasi pada semester pertama 2017 dan beberapa Agen Pemegang Merek (APM) melakukan berbagai cara untuk mengakselerasi penjualan. Salah satunya merawat fleet consumer.

General Manager Marketing Strategy Nissan Motor Indonesia Budi Nur Mukmin mengatakan bahwa, pertumbuhan industri pariwisata dan transportasi online diyakini mampu melejitkan pasar fleet bila dibandingkan dengan pasar ritel (passanger).

"Strategi itu dilakukan Nissan dengan menaikkan target porsi fleet 20 persen dari total penjualan. Saat ini masih fluktuatif di angka 10–15 persen,” Ujar Budi Jumat (25/8).

Produk yang diandalkan Nissan untuk segmen armada adalah Grand Livina, Xtrail, dan Navara. Produk-produk itu mengisi pasar fleet di berbagai sektor. Mulai pelaku usaha pariwisata, rental, transportasi daring, hingga perkebunan dan pertambangan.

”Khusus untuk pertambangan dan perkebunan tahun ini memang melandai. Otomatis, produk Navara yang banyak beredar di luar Jawa tahun ini juga sedikit berkurang. Di sisi lain, meningkatnya pariwisata dan angkutan online meningkatkan volume Grand Livina,” tambah Budi.

Dari sektor pemerintahan, produk Xtrail mendominasi. Nissan menyadari bahwa konsumen fleet tidak bisa disamakan dengan konsumen passanger karena memiliki porsi yang kecil.

”Dengan kondisi perlambatan ini, menjaga pasar fleet dapat mengakselerasi penjualan karena trennya konsisten dan cenderung naik,” urai Budi.

Meski Nissan tidak menyebut jumlah unit untuk pasar fleet, Budi yakin pasar fleet bergerak sejalur dengan pasar passanger. ”Secara total, saat ini Nissan mencatatkan peningkatan penjualan sekitar empat persen,” beber Budi.

Berdasar laporan kinerja tahun fiskal 2017, Nissan mencatatkan peningkatan penjualan 1,2 persen di pasar Asia atau 188 ribu unit.
BERITA LAINNYA
  • Lakukan Hal Ini Supaya Tidak Terlihat Tua

    GAYA HIDUP | 26 September 2017 15:24 WIBMenjadi tua adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari. Namun terlihat lebih tua dibanding teman-teman sebaya adalah sesuatu yang berbeda. Dan hal itu ternyata bisa kita hindari dan
  • Inilah yang Harus Disiapkan Saat Ingin Tatto

    GAYA HIDUP | 26 September 2017 14:39 WIBBuat sebagian orang, tato adalah hal yang nggak menyenangkan. Tapi buat sebagian lainnya, tato patut dipertimbangkan, karena 'butuh nyali' untuk melakukannya. Kalau kamu termasuk orang
  • 7 Kuliner Indonesia yang Penuh Nilai Filosofi

    GAYA HIDUP | 26 September 2017 14:30 WIBIndonesia, merupakan negara yang luas dan kental akan keanekaragaman budayanya. Terbentang dari Sabang hingga Merauke dan terbagi menjadi 34 provinsi yang tentu saja setiap daerah memiliki makanan
  • Dibalik Pernyataan Pembelian 5 ribu Senjata Panglima TNI

    NASIONAL | 26 September 2017 13:46 WIBRekaman pernyataan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo di sela-sela acara silaturahmi dengan para mantan petinggi TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jumat, 22 September 2017, bocor ke publik. Kata