Connect with us
займ на карту онлайн кредит онлайн

Balap & Outdoor

Geraint Thomas Juara Balap Sepeda Paling Bergengsi “Tour de France”

Pebalap Wales Geraint Thomas tampil sebagai juara Tour de France tahun ini.

Kemenangan Thomas mempertegas dominasi pebalap-pebalap Britania Raya di ajang balap sepeda paling bergengsi ini.

Thomas menjadi pemenang Tour de France 2018 setelah menyelesaikan 21 etape selama tiga pekan terakhir dalam waktu 83 jam 17 menit 13 detik. Pebalap Team Sky itu unggul 1 menit 51 detik atas Tom Dumoulin yang menempati posisi kedua. Posisi ketiga jadi milik rekan setim Thomas sekaligus juara Tour de France empat kali, Chris Froome.

Geraint Thomas

Dalam tujuh edisi terakhir Tour de France, pebalap-pebalap Britania Raya tampil sebagai juara sebanyak enam kali, yaitu lewat Sir Bradley Wiggins (2012), Froome (2013, 2015, 2016, 2017), dan Thomas (2018).

“Saya terjun ke dunia balap sepeda karena balapan ini. Saya ingat ketika berlari pulang dari sekolah untuk menonton akhir Tour de France. Saya selalu bermimpi menjadi bagian dari balapan ini dan itu jadi kenyataan pada 2007,” ujar Thomas di Champs-Elysees, Paris, Minggu (29/7/2018).

“Sekarang saya berdiri di sini dengan jersey kuning dan ini gila. Ini luar biasa dan mimpi yang jadi kenyataan,” tambah pebalap berusia 32 tahun itu.

Dari 21 etape di Tour de France 2018, Thomas memenangi dua etape tanjakan. Ia merebut jersey kuning pada akhir etape 11 dan sejak saat itu tak tergoyahkan di puncak klasemen.

“Thomas adalah yang terkuat dalam tiga pekan terakhir. Dia sama sekali tak melakukan kesalahan. Tak ada yang menyulitkannya, termasuk saya, di etape pegunungan atau etape apa pun,” kata Dumoulin seperti dikutip Reuters.

Kemenangan Thomas juga menggagalkan ambisi Froome untuk menyamai rekor peraih gelar terbanyak di Tour de France, yang saat ini dipegang oleh Eddy Merckx (Belgia), Miguel Indurain (Spanyol), Jacques Anquetil (Prancis), dan Bernard Hinault (Prancis) dengan lima gelar.

“Pebalap paling kuat memenangi Tour de France. Sudah jelas sejak kami mencapai Alps, Geraint berada dalam kondisi lebih baik daripada saya,” kata Froome.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

More in Balap & Outdoor