Connect with us
займ на карту онлайн кредит онлайн

Sepakbola

Perbedaan Kapten dan Pemimpin Menurut Jose Mourinho

Finroll.com, Jakarta – Pelatih asal Portugal, Jose Mourinho, menegaskan ada perbedaan besar antara seorang kapten dan pemimpin. Mourinho menyebut sosok kapten yang bertipe pemimpin sangat menguntungkan pelatih.

Secara tersirat, Mourinho menyebut tidak setiap kapten memiliki jiwa pemimpin.

BACA JUGA :  Mohamed Salah Mengasah Kekuatan Kaki Kanannya demi Cetak Banyak Gol Eden Hazard Berniat Kembali ke Chelsea

Pelatih berusia 56 tahun memberikan contoh legenda Inter Milan, Javier Zanetti, serta mantan pemain Chelsea, John Terry, sebagai sosok pemimpin. Bahkan, Mourinho menganggap Zanetti dan Terry merupakan sosok pemimpin terbaik selama berkarier sebagai pelatih.

“Dua orang ini (Javier Zanetti dan John Terry) adalah pemimpin dan ketika Anda memiliki para pemimpin ini Anda menjadi lebih dari seorang pelatih, Anda lebih fokus pada sisi pelatihan itu,” ujar Jose Mourinho, seperti dilansir dari Sportbible, Minggu (16/12/2019).

“Kapten dan pemimpin, ada perbedaan besar,” tambahnya.

Mantan pelatih Real Madrid itu menegaskan seorang pemimpin itu tak bisa dibeli dan dibuat. Jose Mourinho menambahkan jika memiliki sosok pemimpin, klub tersebut akan selangkah lebih maju.

“Anda tidak membeli pemimpin, Anda tidak membuat pemimpin. Ketika Anda memilikinya, tim Anda selangkah lebih maju.”

“Tapi, yang penting, sekarang sepak bola penuh dengan citra dan orang-orang memberikan lebih banyak perhatian pada orang-orang yang terlihat (seperti pemimpin daripada) orang-orang yang sebenarnya,” tegas Jose Mourinho. Pengalaman Jose Mourinho Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho melihat para pemainnya mengikuti sesi latihan tim di Pusat Pelatihan Enfield Tottenham Hotspur, di London utara (10/12/2019). Tottenham akan bertanding melawan wakil Jerman, Bayern Munchen pada Grup B Liga Champions. (AFP/Isabel Infantes)

Apa yang dikatakan Jose Mourinho tersebut tentunya berdasarkan pengalamannya Jose Mourinho sebagai pelatih pelatih. Hingga saat ini total ada sekitar 8 klub yang sudah merasakan tangan dinginnya.

Beberapa klub yang pernah dilatih Mourinho antara lain Benfica, Leiria, FC Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, dan Manchester United. Bersama klub-klub tersebut Mourinho mampu menorehkan banyak prestasi, antara lain trofi Liga Champions, Premier League, Serie A hingga La Liga.

Saat ini, Mourinho menukangi Tottenham Hotspur dan bertekad membawa klub tersebut mampu bersaing dengan anggota Big Six di Premier League. Dari 7 pertandingan terakhir Mourinho bersama Spurs, Lima laga di antaranya berakhir dengan kemenangan.

Tak hanya itu, Tottenham Hotspur mampu mencetak 19 gol dari pertandingan terakhir bersama Jose Mourinho.(bola.com)

Sumber: Sportbible
Artikel Asli

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

More in Sepakbola