Connect with us
займ на карту онлайн кредит онлайн

Sepakbola

PSSI berkeras pemain asing Piala Presiden 2019 tidak perlu Kitas

E5D722F2-FAAD-4136-B31B-57E3D7642F54

Jakarta – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) berkeras bahwa para pemain asing turnamen pramusim Piala Presiden 2019 tidak perlu menggunakan kartu izin tinggal terbatas (Kitas).

"Kalau memang dia bermain di liga, memang harus ada Kitas. Namun, di Piala Presiden cukup VKU," ujar Direktur Media dan Promosi Digital PSSI Gatot Widakdo kepada Antara di Jakarta, Jumat.

Menurut Gatot, VKU sifatnya legal untuk Piala Presiden 2019 karena para pemain impor tersebut belum dikontrak secara resmi oleh klub.

Pandangan PSSI ini berbeda dengan keterangan pihak Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang meminta semua pesepak bola impor di Piala Presiden 2019 wajib memiliki kartu izin tinggal terbatas (Kitas).

"Para pemain tersebut tidak boleh hanya menggunakan visa kunjungan saja. Kami menganggap mereka sebagai tenaga profesional yang harus mempunyai Kitas," kata Kasubag Humas Ditjen Imigrasi Sam Fernando.

Sementara terkait koordinasi ke pihak Ditjen Imigrasi, PSSI menyebut bahwa dokumen keimigrasian akan diurus oleh pemain yang bersangkutan.

"Nanti pemainnya yang akan mengurus sendiri," tutur Gatot.

Sejatinya, dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 24 tahun 2016 tentang Prosedur Teknis Permohonan dan Permberian Visa Kunjungan dan Visa Tinggal Terbatas, tidak ada istilah visa kunjungan usaha atau VKU.

Pada pasal 5 regulasi tersebut disebutkan bahwa ada tiga jenis visa kunjungan yaitu visa kunjungan satu kali perjalanan, visa kunjungan beberapa kali perjalanan dan visa kunjungan saat kedatangan.

Dalam Peraturan MenkumHAM itu juga tertera bahwa seseorang dengan visa kunjungan dapat mengikuti kegiatan olahraga, tetapi hanya olahraga yang tidak bersifat komersial.

Piala Presiden 2019 sendiri digelar mulai Sabtu, 2 Maret 2019, dibuka dengan pertandingan Grup A yaitu Persib Bandung melawan Tira-Persikabo di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat.

Turnamen pramusim ini diikuti 20 klub, perwakilan Liga 1 dan Liga 2, yang dibagi ke dalam lima grup. Setiap klub peserta diberikan hak memakai pemain asing dengan skema 3+1 yaitu tiga pemain bebas dari negara mana saja dan satu pemain wajib dari Asia.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Aris Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

More in Sepakbola