Connect with us

Arsenal VS West Ham

Arsenal menjamu West Ham di Emirates Stadium pada matchweek 3 Premier League 2018/19, Sabtu (25/8). Arsenal menang 3-1 dan bisa bernapas lega setelah start buruk mereka.

West Ham unggul terlebih dahulu lewat gol striker Marko Arnautovic di menit 25, tapi Arsenal bisa menyamakan kedudukan melalui bek sayap Nacho Monreal 15 menit sebelum jeda. Arsenal membalikkan keadaan berkat gol bunuh diri Issa Diop menit 70, dan menegaskan kemenangan lewat gol pemain pengganti Danny Welbeck saat injury time.

Dua tim asal London ini sama-sama mengincar poin pertama setelah selalu kalah dalam dua laga awal. Arsenal berturut-turut kalah melawan Manchester City 0-2 dan Chelsea 2-3. Sementara itu, West Ham digilas Liverpool 0-4 dan dikalahkan Bournemouth 1-2.

Melihat peningkatan performanya saat dikalahkan Chelsea, Arsenal lebih diunggulkan. Namun pasukan Unai Emery ternyata dibuat kesulitan oleh tim tamu di babak pertama.

Selama 45 menit awal, Arsenal mendominasi penguasaan bola mencapai 60%, tapi The Gunners tak mengimbanginya dengan ketajaman di depan gawang. Arsenal hanya melepas tujuh tembakan, sedangkan West Ham delapan.

Jadi, tak terlalu mengejutkan ketika anak-anak asuh Manuel Pellegrini mampu mencuri gol pembuka melalui kombinasi Felipe Anderson dan Arnautovic di menit 25. Hanya saja, mereka kemudian melewatkan sejumlah peluang bagus untuk menggandakannya. The Hammers bahkan harus membayar mahal saat kelengahan barisan pertahanannya membuat Hector Bellerin bisa menerobos dari sisi kanan untuk mengirim crossing yang dituntaskan Monreal di mulut gawang.

Arsenal perlu perbaikan performa di babak kedua. Emery kemudian mengganti Iwobi dengan Alexandre Lacazette. Tak lama berselang, Matteo Guendouzi juga ditarik keluar dan digantikan Lucas Torreira. Pellegrini merenspons dengan menarik Arnautovic serta Michail Antonio dan memasukkan Javier Hernandez dan Lucas Perez.

Arsenal akhirnya mampu membalikkan keadaan di menit 70 lewat bunuh diri lawannya. Berawal dari kegagalan barisan belakang West Ham untuk melakukan clearance dengan sempurna, Lacazette bisa menguasai bola di wilayah berbahaya dan berusaha mengirim operan ke depan gawang. Bola mengenai Diop, dan Lukasz Fabianski pun takluk di tiang dekat.

Setelah itu, Emery menarik Pierre-Emerick Aubameyang, yang kembali tak bisa mencetak gol, dan memasukkan Danny Welbeck. Pellegrini juga melakukan pergantian terakhirnya, memasukkan Andriy Yarmolenko untuk Robert Snodgrass.

Di 15 menit terakhir, Arsenal meningkatkan intensitas serangan demi mencetak gol ketiga dan memastikan kemenangan. Peluang terbaik didapatkan Arsenal lewat drive shot Aaron Ramsey dari luar kotak, tapi Fabianski masih bisa menepisnya.

Setelah mengatasi beberapa ancaman dari West Ham, Arsenal akhirnya benar-benar mendapatkan gol ketiga. Berawal dari operan Bellerin, bola diceploskan oleh Welbeck yang tak terkawal di mulut gawang. Game over!