Connect with us

Basket & Atletik

Timnas Basket Putra Indonesia Catatkan Kemenangan Atas Thailand 98 – 86

Timnas Basket Putra Indonesia Catatkan Kemenangan Atas Thailand 98 - 86

Skor 98-86 menjadi hasil basket Asian Games 2018 antara tim nasional (timnas) putra Indonesia vs Thailand pada Senin (20/8/2018).

Bertanding di Basketball Hall Gelora Bung Karno, Jakarta, tuan rumah berhasil mencatatkan kemenangan perdana sekaligus menjaga asa lolos dari Grup A.

Setelah kekalahan telak 65-104 atas Korea Selatan pada Selasa (14/8/2018), Indonesia berjumpa dengan Thailand. Sang lawan pada pertandingan pembuka mencatatkan kemenangan kontra Mongolia 87-86.

Berdasarkan pantauan di laman resmi Asian Games 2018, dalam duel menghadapi Thailand, Jamarr Andre Johnson menjadi pahlawan kemenangan Indonesia dengan meraih poin terbanyak untuk tuan rumah dengan 28 angka. Ia diikuti oleh Xaverius Prawiro (18 poin), Andakara Prastawa Dhyaksa (16 poin), dan Abraham Damar Grahita (13 poin).

Pada awal pertandingan, Indonesia tertinggal lebih dahulu oleh dua lemparan bebas Chitchai Ananti, akibat pelanggaran Arki Dikania Wisnu. Jump shot Nyoman Indrawan yang menyamakan kedudukan seakan tidak berarti karena Thailand kemudian mendapatkan tujuh angka beruntun.

Indonesia masih terus tertinggal hingga dalam kedudukan 19-26. Namun, setelah itu momentum didapatkan dengan lemparan tiga angka Abraham Damar Grahita. Jarak mulai menipis, meskipun Thailand tampak mengendalikan situasi.

Kuarter pertama berjalan dramatis karena hingga 24 detik menjelang akhir, Indonesia masih tertinggal 28-29. Hanya saja, dua lemparan bebas Jamarr Andre Johnson memastikan tuan rumah unggul 30-29 menjelang kuarter kedua.

Berhasil memimpin di kuarter awal memudahkan kerja Indonesia. Pada babak kedua, tuan rumah terus saja memimpin. Sebaliknya, Thailand sempat menipiskan jarak dengan jump shot Patiphan Klahan untuk kedudukan 45-43, atau berbeda dua angka saja.

Namun, Indonesia melanjutkan keunggulan mereka, dan semakin menjauh. Meskipun lemparan bebas Jamarr Andre Johnson sempat luput, ia membayarnya dengan lay-up bernilai dua angka yang membuat tuan rumah unggul 51-43 hingga kuarter kedua usai.

Thailand berhasil bangkit pada kuarter ketiga. Sepanjang babak ini mereka mencatatkan 23 angka, lebih banyak daripada Indonesia yang hanya 21. Namun, hal itu belum cukup untuk menggeser keunggulan tuan rumah yang memimpin enam angka, 72-66.

Pada akhirnya, di quarter terakhir, drama kembali terjadi. Thailand sempat menyamakan kedudukan menjadi 75-75 berkat aksi Tawatchai Suktub. Sekali lagi Indonesia memutus momentum lawan dengan lemparan bebas Jamarr Andre Johnson disusul tembakan tiga angka Xaverius Prawiro, untuk kembali menjauh 79-75.

Hingga akhir babak keempat, Thailand tidak dapat lagi mendekati Indonesia. Sebaliknya kemenangan tuan rumah dipastikan oleh dua lemparan bebas Valentino Wuwungan dan satu dari Jamarr Andre Johnson. Skor akhir 98-86 untuk kemenangan perdana Indonesia di Grup A Asian Games 2018.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Basket & Atletik